Di Balik Publikasi: Rapor Bulan #1 Social Media Clara’s Medal

Tak ada yang mustahil bila semesta mendukung.

Prinsip dari Mestakung ini merupakan ilustrasi paling pas tentang isi rapor bulan #1 Social Media Campaign untuk novel Clara’s Medal. Sejak pengelolaan social media ini di-handover ke Scriptozoid! akhir tahun 2011 lalu, memang langsung terbayang situasinya.

Search Engine:
Awal tahun 2012, menemukan apapun yang berkaitan dengan novel Clara’s Medal itu selalu nol besar. Susah. Bahkan untuk mendapatkan sampul bukunya pun sulit. Kalaupun dapat, yang tersedia hanya sampul dengan tambahan logo dari sebuah toko buku online. Ketika mengetik entry “Clara’s Medal” di google.com selalu tidak mendapat hasil. Malah nyasar kemana-mana.

Tapi cobalah hari ini, ketik entry “Clara’s Medal” maka hasilnya akan seperti ini:

Google Search - 2 Februari 2012
Google Search – 2 Februari 2012

Blog Clara’s Medal berada di posisi #1 di search engine google.com mengalahkan MetroTV yang di awal tahun 2012 menempati posisi #1. Sangat bersyukur sekali.

Blog:
Biasanya pengguna social media puas pada angka visitors/pengunjung, tapi Scriptozoid! lebih percaya pada alat ukur lain: pengaruh, popularitas, ikatan, kepercayaan.

Hasil blog level novel Clara’s Medal baru keluar dari zona psikologisnya dan meraih skor 12,5. Ini angka yang memadai dengan tingkat kepercayaan dan popularitas di atas skor yang diraihnya. Ikatan mulai tampak dari para pengunduh ebook novel Clara’s Medal yang pasti akan naik di bulan selanjutnya.

Blog Level - 1 Februari 2012
Blog Level – 1 Februari 2012

Twitter:
Di ranah twitter, Clara’s Medal menggunakan tanda pagar #clarasmedal dan tolok ukur yang paling efektif adalah dari jangkauan dan impresinya.

Hasilnya bisa dilihat sebagai berikut: 3.293 pengguna twitter sudah tahu #clarasmedal dan lebih dari 9.000 kesan sudah muncul.

Tweetreach - 31 Januari 2012
Tweetreach – 31 Januari 2012

Tak ada yang mustahil kan ternyata!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: