Setahun Menanam Ide Lewat Kata-Kata

Hidup adalah serangkaian keputusan. Keputusan demi keputusan yang diambil itulah yang membentuk perjalanan hidup. Demikian juga keputusan kami saat mendirikan Tanam Ide Kreasi sebagai publisis dan kemudian menjadi New Media Publisher setahun lalu. Ini adalah sebuah keputusan revolusioner.

Mulai 1 Oktober 2011, Tanam Ide Kreasi mulai menanam ide.
Mulai 1 Oktober 2011, Tanam Ide Kreasi mulai menanam ide.

SETAHUN lalu, selepas menyelesaikan tanggungjawab sebagai moderator komunitas pembaca aktif Goodreads Indonesia 2007-2010 kami membuat keputusan revolusioner, atau paling tidak bisa dikatakan nekat. Setelah melihat problem perbukuan pada penerbit dan penulis, serta semakin lemahnya dukungan media pada dunia membaca dan menulis, bulat tekad kami menjadi publisis/konsultan publikasi.

Tugas publisis adalah merancang berbagai kebutuhan bagi tersiarnya keberadaan sebuah buku/seorang penulis dan dalam hal ini melakukan percepatan pertemuan dengan pembacanya lewat sejumlah kegiatan. Yang dipersiapkan tak cuma kegiatan book signing dan foto session, tetapi juga launching buku, temu penulis, mempersiapkan siaran di radio hingga ke televisi. Namun tugas utamanya adalah mengupayakan respon dari para pembaca lewat alat bantu book release, review buku, dan liputan acara.


Mengapa penulis dan penerbitan membutuhkan publisis? Karena tugas ini meringankan beban yang sudah disandang penulis dan penerbit, dan dengan menggunakan publisis, proses pertemuan dengan para pembaca — termasuk membangun komunitas pembacanya — dapat dipercepat dengan rancangan strategis.

Selama setahun ini sudah 5 klien yang menjadi mitra/partner mulai dari penulis buku motivasi, LSM kesehatan, penulis novel, hingga gerakan orang muda untuk perubahan, masing-masing mempercayakan pengembangan komunikasi agar semakin dikenal masyarakat lewat rancangan strategis publikasi. Selama menjadi publisis itulah, dirasakan perlunya menambahkan kekuatan media untuk mendekatkan diri ke publik. Yang paling bisa dijangkau dan mudah diterima adalah kehadiran New Media. Itulah yang melandasi lahirnya layanan New Media Publisher di job description kami.

Sebagai penerbit New Media, diciptakan obrolan seru #Twitteriak mulai 3 November 2011 untuk membantu berteriak di social media. Kehadiran #Twitteriak setiap episode rata-rata diikuti oleh 60.445 orang dan rata-rata paparannya tersebar hingga menghasilan 261.379 kesan. Selain itu, kami ciptakan juga AlineaTV dan Alinea Kata sebagai New Media yang berfungsi sebagai newsroom bagi dunia membaca dan menulis di Indonesia. Mengusung ide sebagai perintis TV Buku di Indonesia, menjadi New Media Alinea (TV & Online Magz) tumbuh pesat dengan pengunjung lebih dari 15.000 orang hingga hari ini.

Di luar kegiatan tersebut, Tanam Ide Kreasi juga terlibat dalam sejumlah kampanye — “literary act” — mulai dari kampanye untuk Pustaka Jaya (#SavePustakaJaya), hari jadi Pramoedya Ananta Toer (#PramsDay), kepedulian pada Pak Raden (#PakRadenNgamen), keprihatinan pada buku anak (#BukuAnakLokal), pernyataan terbuka atas pembakaran buku (#StopBakarBuku), hingga penyelamatan film klasik Indonesia (#LewatDjamMalam).

Beberapa kegiatan menanam masih dalam proses penyemaian benih. Semoga tahun depan, tumbuh menjadi tanaman yang kuat dan sudah menghasilkan buah berlimpah. Setahun ini mengajarkan bahwa ide baik selalu mendapat dukungan banyak orang dan tak boleh menyia-nyiakan kepercayaan dan dukungan banyak orang tersebut.

Terima kasih sudah mendukung dan ikut mendoakan kerja-kerja kami selama setahun terakhir ini. Juga terima kasih atas ucapan yang terus menerus disampaikan di hari lahir Tanam Ide Kreasi yang pertama ini.

[AS]

Related Articles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: